Tips Merawat Motor Matic Agar Awet dan Tahan Lama

Tips Merawat Motor Matic Agar Awet dan Tahan Lama

Sepeda motor merupakan salah satu kendaraan yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Jenis sepeda motor yang paling banyak dimiliki masyarakat Indonesia adalah jenis sepeda motor matic. Alasan yang paling simple motor matic digemari masyarakat adalah karena motor matic merupakan jenis motor yang paling mudah dikendarai dan paling mudah dioperasikan. Namun, sepertinya banyak orang yang kurang mengetahui bahwa sebenarnya motor matic itu memerlukan sebuah perawatan yang khusus agar tetap tahan lama. Berikut ini merupakan tips merawat motor matic agar dapat tahan lama. Tips tersebut adalah:

  • Rutin Memanaskan Motor Setiap Hari

Jika Anda memiliki motor matic, maka usahakan untuk memanaskannya setiap hari. Pemanasan dilakukan untuk mempersiapkan mesin agar terlumasi oli dengan baik, sehingga performa mesin dapat selalu terjaga.

  • Selalu Perhatikan Kestabilan dari Kecepatan Gas

Tips lainnya yang bisa Anda lakukan agar motor matic Anda dapat awet dan tahan lama adalah dengan memperhatikan kestabilan gasnya. Maksudnya adalah ketika Anda menggunakan motor matic tersebut maka jangan menaikkan atau menurunkan gas secara tiba-tiba. Hal ini dapat menyebabkan menurunnya umur mesin motor Anda. Oleh karena itu jika Anda ingin menurunkan ataupun menaikkan gas, maka lakukanlah dengan cara perlahan supaya umur mesin motor Anda menjadi lebih panjang.

  • Rutin Melakukan Penggantian Aki dan Oli Secara Rutin

Hal penting lainnya yang dapat dilakukan sebagai tips merawat motor matic adalah dengan rutin melakukan penggantian aki dan oli motor secara rutin. Penggantian aki dapat Anda lakukan sekitar 7-8 bulan sekali dan penggantian oli dapat dilakukan sekitar 2-3 bulan sekali. Penggantian aki dan oli ini bertujuan untuk menjaga power motor dan performa mesin

  • Pemeriksaan Vantbel dan Roler

Selanjutnya adalah Anda harus rutin melakukan pemeriksaan vantbel. Vantbel merupakan sejenis rantai jika pada motor bebek, jika vantbel putus maka motor tersebut tidak akan bisa berjalan. Oleh karena itu, lakukanlah pemeriksaan dan penggantian vantbel sevcra berkala.

Demikian tips merawat motor matic yang bisa Anda terapkan. Semoga dengan menerapkan tips tersebut, dapat membuat motor matic Anda menjadi lebih awet dan tahan lama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *